letakkan kode lisensi di sini

Iklan

Blogenesia
Wednesday 12 October 2016, October 12, 2016 WIB
Last Updated 2023-05-01T03:01:04Z
BeritaEntertainmentEventFashionHotelKulinerLifestyleVideo

proses Absen ternyata menjadi penilaian tersendiri bagi guru di kurikulum 2013

Advertisement
proses Absen ternyata menjadi penilaian tersendiri bagi guru di kurikulum 2013

Pemerintah sekarang ini sudah menjalankan kurikulum yang baru dihampir semua sekolah apalagi kalau bukan kurikulum 2013, kurikulum ini dinilai cocok untuk tumbuh kembang siswa karena kurikulum ini menggunakan kompetensi, nilai pskomotor dan kognitif dalam penilaian tiap harinya.

Dan ternyata penilaian sudah dilakukan oleh para guru terhadap muridnya mulai dari sang guru masuk kelas dan sampai keluar. Nah salah satu penilaian yang tak kalah penting yaitu tenyata guru sudah menilai tingkah lau siswanya pada saat dia memulai membacakan absen. Siapa yang tidak tahu absen? karena absen sudah kebiasaan rutin yang dilakukan disetiap sekolah tiap paginya. Namun apasaja gunanya dan penilaian apa yang dapat dilihat dari absen tersebut. Berikut uraiannya yang saya dapatkan dari guru saya disekolah.

1. Melatih keseriusan

Banyak siswa yang mengabaikan absensi, dengan cara berbicara dengan teman sebangkunya pada saat absen dimulai, dan dia hanya akan menyahut apabila namanya dipanggil oleh sang guru untuk diabsen. Tentunya hal ini sangat memiliki nilai kesopanan yang tinggi.

2. Untuk melatih ingatan

Hal ini sangatlah berguna, terutama bagi siswa yang baru masuk, karena dalam masa pengenalan dengan teman-teman akan lebih mudah dan lebih terbantu lagi dengan adanya kegiatan absensi tersebut. Dan apa jadinya jika anda tidak memperhatikan guru pada saat absensi dimulai. Dan dari penjelasan guru saya bahwa hal ini juga berguna bagi masa depan, pasalnya jika anda bertemu dengan teman lama anda maka anda tentunya akan lebih mudah ingat kepadanya.

3. Menghargai guru

Anda pasti pernah mendengar sesuatu yang paling dihargai adalah " Tuhan, Orang tua, pemimpin atau guru " ya pemimpin kita disekolah adalah seorang guru dan guru tersebut adalah bagaikan orang tua bagi kita saat disekolah. Sudah pasti kita harus menghargai guru kita tersebut. Bukan hanya guru saja tapi juga untuk teman-teman dan orang lainnya.

Jadi dari penjelasan yang disampaikan guru saya tersebut didapatkan kesimpulan bahwa kita harus menghargai siapapun, baik itu guru, teman bahkan masyarakat disekitar. Mungkin anda bisa merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain jika kita tidak menghargainya dengan cara memikirkan kalau hal tersebut terjadi pada kita.

Jadi mulailah mencoba untuk menghargai sesama, guru, dan orang disekitarmu, sesuatu hal yang dikatakan guru pasti berguna bagi kita dan masa depan kita, dan jadikan perkataan guru tersebut sebagai motivasi bagi menggapai cita-cita.