letakkan kode lisensi di sini

Iklan

Blogenesia
Wednesday 12 October 2016, October 12, 2016 WIB
Last Updated 2023-05-01T03:01:04Z
BeritaEntertainmentEventFashionHotelKulinerLifestyleVideo

Pengertian sosiologi dan sejarah lahirnya sosiologi

Advertisement
SOSIOLOGI

A. Pengertian Sosiologi

Istilah Sosiologi pertama kali dikemukakan oleh ahli filsafat dan sekaligus sosiolog yang berasal dari Perancis yang bernama Auguste Comte melalui bukunya yang berjudul "Cours of de philosophie positive " Menurut auguste Comte sosiologi berasal dari 2 kata yaitu :

Socius yang berasal dari bahasa latin, yang artinya Teman atau Masyarakat. Dan Logos yang berasal dari bahasa yunani yang artinya Cerita/Ilmu. Jadi sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang masyarakat.

B. Kelahiran Sosiologi

Pada abad ke-19 pra ilmuan menyadari perlunya secara khusus untuk mempelajari kondisi dan perubahan sosial. Para ilmuan besar itu berupaya membangun suatu teori sosial berdasarkan ciri-ciri hakiki masyarakat pada tiap-tiap peradapan manusia. Untuk membangun teori itu perhatian mereka tercurah pada perbandingan masyarakat dan peradapan manusia dari masa kemasa.

Ilmuan yang sampai sekarang diakui sebagai bapak sosiologi adalah Auguste Comte dan bukunya Cours of de philosophie positive ilmuan perancis ini memperkenalkan istilah Sosiologi sebagai pendekatan khusus untuk mempelajari masyarakat, pendekatan khusus itu sebetulnya metode ilmiah yang biasa digunakan dalam penelitian terhadap masyarakat yang berabad-abda sebelumnya dianggap mustahil.

Rintisan comte mendapat sambutan luas. Tampak dari tampilnya sejumlah ilmuan besar dibidang sosiologi, mereka antara lain :


- Pitirim A Sorokin -Emile Durkheim

-Herbert Spencer -Georg Simmel

-Karl Mark -Max Weber
Semuanya berasal dari Eropa. Masing-masing berjasa menyumbangkan berbagai pendekatan untuk mempelajari masyarakat yang amat berguna untuk perkembangan sosiologi.

Secara umum, pendekatan yang ditawarkan ilmuan sosiologi diabad 19 cenderung Makro